China sangat cemas pada Jepang dan Taiwan

china sangat cemas setelah jepang juga taiwan menandatangani perjanjian penangkapan ikan pada laut kurang lebih kelompok pulau bersengketa selama laut china timur, dan maka pusat konflik beijing dengan tokyo.

kami amat takut selama jepang juga taiwan, yang membicarakan serta menandatangani perjanjian penangkapan ikan, tutur juru bicara kementerian luar negeri china, hong lei, dalam jumpa wartawan, di beijing, rabu.

kami mengharapkan jepang dengan sungguh-sungguh menaati janji-janjinya mengenai masalah taiwan juga mengambil tindakan berhati-hati dan bagus, katanya.

jepang mempunyai hubungan diplomatik hanya melalui china; dan mengakui taiwan dibuat wilayah china, tetapi negara tersebut mempertahankan hubungan ekonomi erat dan kebudayaan melalui taiwan.

Informasi Lainnya:

china dan taiwan memiliki pemerintahan terpisah dari pasukan nasionalis dikalahkan juga lari ke pulau itu di akhir perang saudara melalui komunis di 1949. china, apabila mesti akan menggunakan kekuatan militer agar mengembalikan taiwan dibawah kekuasaannya.

kendati china dalam umumnya senang kepada taiwan menandatangani perjanjian-perjanjian perdagangan dan bisnis melalui negara-negara lain tampaknya negara tersebut tak setuju selama perjanjian-perjanjian yang menyampaikan taiwan merupakan Salah satu negara dan berdaulat.

jepang mencapai tutur sepakat dengan taiwan supaya mengizinkan kapal-kapal nelayan taiwan beroperasi dalam bagian daripada zona ekslusif jepang dalam kurang lebih pulau-pulau yang dikuasai jepang, tetapi juga diklaim oleh china dan taiwan.