Santri Jawa-Madura akan bahas hukum santet

santri daripada pesantren se-jawa dan madura hendak berhadapan dalam forum bahtsul masail supaya membahas seluruh isu aktual seperti rencana dimasukkannya santet dalam ruu kuhp ditinjau dari hukum islam.

kami terpanggil untuk membahas ini, apa pandangan dari fikih atas adanya santet dan mungkin tidaknya ini diatur selama undang-undang dipercaya, papar ketua forum musyawaran pondok pesantren (fmpp) se-jawa dan madura h iffatul lathoif atau gus thoif di jakarta, selasa.

forum bahtsul masail itu hendak diadakan pada pondok pesantren mamba`ul ma`arif, denanyar, jombang, jawa timur tanggal 1 dan 2 mei 2013.

selain isu santet, forum bahtsul masail juga akan membahas penyitaan harta mantan kakorlantas polri irjen pol djoko susilo dengan komisi pemberantasan korupsi (kpk) sebab merupakan tersangka kasus korupsi.

Informasi Lainnya:

menurut gus thoif, para santri bermaksud mengulas bagaimana islam memandang hukum merampas harta seseorang, tetapi dia belum tentu mengerjakan kesalahan sebab belum terbukti dalam pengadilan.

sekarang ini penyitaan kan cuma atas dasar sangkaan jika harta itu diperoleh dari tindak pidana korupsi, tutur gus thoif.

juru bicara fmpp se-jawa madura muchamad nabil haroen menambahkan, pembicaraan berbagai masalah ditinjau dari hukum islam merupakan wujud kepedulian kelompok masyarakat pesantren pada permasalahan dan dihadapi bangsa.

semoga ini jadi sumbangsih yang membantu di pemecahan masalah bangsa, katanya.