Kerusuhan di Kenya, 8 orang tewas

sejumlah pihak bersenjata menembak mati delapan orang di serangan kepada suatu restoran dalam kota garissa, kenya timur, kamis, kata palang merah kenya.

menurut palang merah kenya dalam pernyataan terpercaya mereka di twitter, lima pihak dan mengalami luka-luka tembakan pada serangan itu dan dibawa ke sebuah properti sakit setempat.

charlton mureithi, kepala kepolisian regional, menungkapkan serangan itu berlangsung di sebuah restoran bernama kwa chege serta polisi baru mengusut mana ada pelakunya dan bekerja menetapkan kasus korban.

kejahatan dinamis. kami harus menentukan motifnya sekarang, kata mureithi pada reuters.

Informasi Lainnya:

kenya, dan merupakan tempat kembali banyak warga somalia, dilanda gelombang serangan, terutama di nairobi serta kota pelabuhan mombasa, serta garissa, setelah pasukan negara tersebut memasuki somalia dalam oktober 2011 supaya menumpas grup gerilya garis keras al-shabaab, yang mereka tuduh bertanggung jawab atas penculikan dan serangan bom pada dalam wilayah kenya.

kelompok gerilya al-shabaab mengancam kenya sejak negara tersebut mengirim pasukan ke somalia selatan pada pertengahan oktober 2011 untuk menyerang pangkalan-pangkalan gerilyawan itu, dan dituduh melakukan penculikan juga penyerangan dalam kenya.

al-shabaab membantah tuduhan kenya kiranya mereka mendalangi sederat penculikan warga asing dalam negara itu.

al-shabaab balik menuduh pemerintah kenya menggunakan isu penculikan sebagai alasan untuk mengerjakan penyerbuan ke somalia.

dalam masa kurang daripada sebulan, benar wanita inggris juga asli perempuan prancis diculik daripada kawasan wisata pantai kenya pada dua insiden terpisah, yang adalah pukulan sulit terhadap industri pariwisata selama kenya.

pada 13 oktober 2011, dua hawa pekerja bantuan asal spanyol diculik daripada kamp pengungsi dadaab, kenya, kamp terbesar di dunia yang merupakan website terhadap kurang lebih 460.000 pengungsi dan sebagian besar pihak somalia dan menyelamatkan diri daripada kekeringan, kelaparan dan perang.

penculikan-penculikan itu diyakini dilaksanakan dengan al-shabaab somalia.

al-shabaab yang bersekutu dengan al-qaida mengobarkan perang pada pilihan tahun ini pada upaya menumbangkan pemerintah sementara somalia dukungan pbb.