Rupiah Selasa pagi menguat lima poin

mata uang rupiah di selasa pagi bergerak menguat lima poin pada dolar as dipengaruhi bank indonesia yang belum memberi sinyal pengetatan moneter.

nilai tukar mata biaya rupiah dan ditransaksikan antarbank di jakarta di selasa pagi bergerak menguat sebesar lima poin merupakan rp9.709 dibanding posisi sebelumnya rp9.714 per dolar as.

dari domestik, sentimen dari bi pekan kemarin direspon cukup stabil dengan tak memberikan sinyal pengetatan moneter pada tengah inflasi dan cukup tinggi, tutur analis trust securities reza priyambada di jakarta.

sinyal itu, berdasarkan dia, menunjukan ekonomi domestik baru lumayan stabil selama sedang data-data china dan baru melambat dan masih adanya ganjalan krisis moneter pada siprus terkait dengan perkiraan penambahan dana talangan (bailout) selama atas perkiraan.

Informasi Lainnya:

sentimen negatif eksternal dapat menahan laju rupiah terhadap dolar as ke depannya, tutur dia.

ia menambahkan masih negatifnya perekonomian global mau memesan mata uang safe haven seperti dolar as merupakan aset dan diburu investor agar menjaga kualitas.

dolar as merupakan safe haven supaya memelihara mutu aset untuk tidak jatuh, kata dia.

pengamat pasar dari samuel sekuritas, lana soelistianingsih menambahkan kehadiran tragedi bom meledak pada as akan mencari keyakinan investor tinggal terguncang.

kendati dampak teror bom kali ini tak sebesar tragedi wtc, akan tetapi investor hendak melakukan penampilan pilih untung dengan posisi tunai memegang dolar as, papar dia.