Pengamat: dialog harus terus diupayakan di Suriah

dialog antara kelompok oposisi dan rezim dan berkuasa dalam suriah adalah cara terpenting juga paling memungkinkan supaya melaksanakan konflik juga mewujudkan perdamaian dalam negara itu, kata peneliti lipi hamdan basyar.

selain diskusi, paling bisa saja sikap berbesar hati presiden bashar al-assad untuk lengser, papar hamdan ketika dikontak selama jakarta, selasa.

menurut hamdan, kedua bagian -- oposisi serta rezim presiden bassar -- sekarang terus mengumpulkan kekuatan dengan melancarkan diplomasi ke negara-negara lain. liga arab sudah memberi dukungan kepada oposisi selama konferensi tingkat tingginya di akhir maret kemarin.

namun, ujarnya, upaya oposisi untuk memperoleh pengakuan dari pbb, akan sulit sebab tekanan dari rusia juga china, dibuat pendukung utama presiden bashar.

hamdan menyampaikan oposisi hanya mau memperoleh dukungan sebagian negara-negara arab, tapi tak di pbb, khususnya dalam saat sidang majelis umum pbb selama september mendatang.

Informasi Lainnya:

kursi dalam pbb baru ingin milik bashar, rusia memiliki kekuatan dalam pbb, ujarnya.

rusia, dan dan anggota komite mandat majelis publik, sudah secara penuh menyampaikan tekadnya untuk menghadang cara diplomasi oposisi suriah ke pbb.

pada akhir maret duta besar rusia agar pbb vitaly churkin menyampaikan pengakuan terhadap oposisi suriah akan melemahkan posisi pbb pada mata dunia.

konflik yang telah berkepanjangan ini memang harus langsung dituntaskan, rakyat suriah menanti legowo bashar juga dan paling utama banyak dialog supaya rekonsiliasi, tutur hamdan.

hamdan menungkapkan sekarang pbb serta kesulitan supaya melaksanakan konflik ini. semua cara dewan keamanan pbb, yang mengecam bashar karena pertumpahan darah yang terjadi, telah tiga kali diveto dengan china dan rusia.

dunia menanti dialog perdamaian, resolusi pbb dan mengecam bashar sudah diveto selalu, aksi pbb seterusnya hendak memperoleh tekanan daripada rusia, katanya.

direktur diplomasi indonesia center for democracy, diplomacy and defense (ic3d), jakarta, ludiro madu, dan dikontak secara terpisah menungkapkan solusi politik damai lebih dibutuhkan ketimbang sekadar dukungan negara-negara liga arab terhadap kelompok oposisi suriah.

menurut ludiro, diplomasi regional liga arab perlu diarahkan di usaha menemukan opsi-opsi perdamaian terhadap suriah.

perang saudara berkepanjangan diantara pihak oposisi dengan pemerintahan presiden bashar usah segera diakhiri demi memangkas korban di antara masyarakat suriah.

berbagai negara serta menyampaikan dukungannya agar terwujudnya diskusi perdamaian pada suriah. aljazair serta bahrain menyampaikan diskusi merupakan satu-satunya penyelesaian terhadap krisis pada suriah.

untuk melaksanakan krisis suriah, tak mampu dilaksanakan atas inisiatif negara arab (qatar serta arab saudi), turki, israel, amerika serikat juga barat (inggris juga prancis) yakni melalui mengucilkan presiden bashar.