PM Turki tetap akan ke Gaza sekalipun AS keberatan

perdana menteri turki recep tayyip erdogan pada selasa menyatakan akan tetap menggarap perjalanan ke jalur gaza pas dengan rencana selama bulan depan, biarpun amerika serikat menyerukan menunda kunjungan tersebut.

tidak banyak masalah untuk menunda perjalanan itu, papar erdogan selama televisi turki, lapor afp.

washington sudah mendesak erdogan supaya menunda mengunjungi wilayah palestina yang miskin itu dengan menyatakan jika keputusan tersebut akan mengganggu upaya amerika serikat supaya menghidupkan tinggal proses perdamaian selama timur sedang dan hampir mati.

erdogan menekankan apabila masa yang tepat untuk kunjungannya ke gaza akan ditetapkan sesudah ia menggarap pertemuan melalui presiden amerika serikat barack obama di gedung putih pada 16 mei.

Informasi Lainnya:

dalam perjalanan ke istanbul di akhir pekan, menteri luar negeri amerika serikat john kerry menungkapkan kalau perjalanan tersebut hendak lebih menarik bila ditunda seraya mendesak erdogan supaya menunggu situasi yang tepat.

itu merupakan perasaan kami secara konstruktif bahwa kami berpikir manakala saatnya sangat berguna sehubungan melalui proses perdamaian dan kami coba agar wujudkan, tegas kerry.

erdogan mengecam balik komentar kerry melalui tegas serta menyatakan, kami harapkan dia tidak mengatakan itu.

pada senin, ankara menyatakan kecewa melalui komentar kerry.

pernyataan kerry tidak tidak salah dengan diplomatis tutur wakil perdana menteri turki bulent arinc terhadap wartawan.

terserah pemerintah kami supaya menentukan ke mana perdana menteri kami ataupun pejabat terpercaya turki melawat juga kapan.