Kemkumham beri insentif pengurusan HKI

direktorat jenderal hak kekayaan intelektual kementerian hukum dan hak asasi manusia (ham) menyerahkan insentif terhadap penduduk dan mau mengurus pengakuan hak atas kekayaan intelektualnya.

pemberian insentif tersebut terlebih kepada siswa, mahasiswa, akademisi, pelaku upaya-upaya mikro, kecil, menengah, juga pengusaha pada daerah istimewa yogyakarta (diy), kata direktur jam ditjen hak kekayaan intelektual (hki) kementerian hukum serta ham faturachman di yogyakarta, jumat.

pada peringatan hari hak kekayaan intelektual se-dunia tingkat diy, ia menyampaikan insentif dan diberikan berupa permohonan merek, hak cipta, dan paten. pada 2013, pihaknya sudah mengalokasikan dana sebesar rp600 juta.

hal itu diselenggarakan karena diy sangat kaya potensi menarik selama bidang pertanian, perkebunan, umkm maupun kreativitas lainnya dan sudah diketahui dengan dunia, ujarnya.

Informasi Lainnya:

wakil gubernur diy paku alam ix menyatakan, peringatan hari hki penting karena bisa menjadi wahana mengembangkan kesadaran tentang arti bermanfaat hki terhadap penduduk diy.

hak itu penting agar menyerahkan perlindungan pada pengusaha juga pilihan bermerek. pada ini ada produk dipalsukan, bahkan dipatenkan bagian lain sebab tidak tahu mekanisme dan agama yang sudah diberlakukan, katanya.

menurut dia, lahirnya peraturan yang berhubungan dengan hki berdampak dalam sikap penghargaan, penghormatan, dan perlindungan yang tidak hanya memberikan rasa alami, sementara serta mewujudkan cuaca dan kondusif.

hal itu, tutur dia, penting kepada peningkatan semangat ataupun gairah supaya menghasilkan karya-karya inovatif dan produktif terlebih terhadap para pelaku umkm yang banyak terkandung di diy.

dengan perlindungan terhadap hki itu pelaku umkm yang mempunyai karya intelektual dapat mencari kepastian hukum sehingga pemegang hak hendak mendapatkan perlindungan hukum serta melakukan upaya hukum melalui lebih kuat, katanya.

kepala kanwil kemkum serta ham diy rusdianto menyatakan, diy merupakan salah Salah satu daerah selama indonesia dan masyarakatnya potensial serta memiliki kreativitas juga inovasi tinggi.

mereka dapat mewujudkan karya serta karsa yang menasional malahan menginternasional semisal kreativitas pada memproduksi kata-kata dan melekat di desain kaus, kerajinan, kuliner, film animasi, juga perangkat lunak, ujarnya.