IMI minta para caleg pahami visi maritim

indonesia maritime institute (imi) minta kaum calon anggota legislatig (caleg) periode (2014-2019) agar memahami negara maritim, sebab dengan geografis wilayah indonesia 75 persennya adalah laut, oleh karenanya kelak terpilih adalah anggota parlemn bisa membeli kebijakan yang berwawasan maritim (kelautan).

saya harapkan kaum caleg ini diberi pemahaman tentang visi maritim. agar saat mereka duduk pada dpr ri maupun dprd nantinya tidak salah dalam membuat keputusan ataupun kebijakan pembangunan bangsa juga negara ini, kata direktur eksekutif imi y paonganan terhadap pers, selama jakarta, minggu.

menurut paonganan, alasan pemahaman visi maritim bagi kaum caleg , sebab anggota dpr saat ini tak banyak yang paham tentang kondisi laut indonesia.

di komisi iv banyak dibicarakan perihal pertanian juga kehutanan saja. padahal pengelolaan laut harusnya lebih dominan pas kondisi realistik geografis serta geostretegis. selama komisi v, kebijakan-kebijakan mengenai transportasi laut juga belum merupakan prioritas, katanya.

Informasi Lainnya:

paonganan dan biasa disapa ongen tersebut menyampaikan bukan saja komisi pada dpr dan berhubungan langsung dengan laut yang perlu memahami maritim. komisi perihal studi serta kebudayaan dan amat perlu memahami tentang kondisi geografis indonesia, keberagaman budaya, bahasa dan suku bangsa sebab indonesia terdiri atas ribuan pulau.

tentu kondisi ini sangat erat kaitannya melalui keberagaman itu. belum lagi baru kurangnya materi kemaritiman dalam kurikulum studi nasional, katanya.

ongen dan menungkapkan, komisi selama dpr dan membidangi energi, migas juga mineral tidak dapat mengabaikan laut, sebab 90 persen potensi migas dan mineral malahan ada selama laut, belum dulu potensi energi laut yang belum termanfaatkan sama alternatif.

selain itu, katanya, tak kalah pentingnya merupakan komisi pertahanan. melalui konfigurasi geopolitik dan geostrategis nkri yang terlalu strategis, sistem pertahanan negara harusnya ditata ulang serta lebih menjual kekuatan pertahanan laut, juga bagaimana memelihara potensi sumber ekonomi maritim dan nilainya amat fantastis.

oleh sebab itu, imi membuka pintu pada kaum caleg untuk bertukar pikiran pemahaman mengenai kemaritiman.

kami siap kapan serta dimana saja, karena imi mempunyai jadwal rutin dan khusus membahas mengenai maritim. semisal dialog bentang bahari baharu yang diselenggarakan setiap bulan. ini khusus membahas tentang potensi-potensi maritim indonesia, itulah paonganan.