Masalah anggaran blokir Kemendikbud segera selesai

pelaksana tugas menteri keuangan hatta rajasa memastikan masalah anggaran kementerian pendidikan dan kebudayaan dan terkena blokir akibat problem administrasi, segera tuntas pada akhir april.

harus beres, tapi `governance`nya mesti betul, ujarnya pada jakarta, selasa.

hatta menyampaikan, masalah itu diselesaikan pas melalui tata kelola pencairan anggaran dalam kementerian keuangan, tergolong penyelesaian dana agar ujian nasional (un) dan sempat mengalami hambatan.

untuk un hari ini saya telah sahkan surat ke dpr, kembali nanti dan lain, seluruh Salah satu persatu saya cek, katanya.

Informasi Lainnya:

direktur jenderal anggaran herry purnomo menambahkan, ada proses pendalaman terkait klarifikasi juga prinsip yang belum sesuai aturan terkait pencairan dana pada kementerian studi juga kebudayaan.

klarifikasi tersebut antara lain terkait pengalokasian dana dan tidak sesuai rencana kerja pemerintah dan tidak melalui pertemuan resmi supaya anggaran un, oleh karenanya sempat tak dapat cair pas prosedur.

ini yang kita selesaikan pada Salah satu atau dua hari. jangan sampai ada yang saling menyalahkan, intinya kita menjaga `governance`, papar herry.

menurut herry, penyelesaian proses administrasi tersebut tak usah menanti masa reses dpr tuntas, sebab komunikasi diantara kementerian pendidikan juga kebudayaan melalui komisi x dpr tetap berjalan.

saya kira teman-teman kemendikbud ada komunikasi dengan dpr, sebab biarpun reses, aku menerima pilihan surat persetujuan, ujarnya.

dalam dipa tahun anggaran 2013, kementerian pendidikan dan kebudayaan mencari pagu rp73,08 triliun, tapi sebesar rp62,06 triliun ataupun 84,9 persen dari anggaran tersebut mengalami blokir.

anggaran tersebut mengalami blokir karena sampai ditetapkannya keppres no 37 tahun 2012 perihal rapbn 2013 juga diserahkannya dipa kepada presiden di desember kemarin, belum mendapatkan persetujuan komisi x dpr ri dan belum dilengkapi tor dan rab.

sedangkan sisa anggaran sebesar rp11,01 triliun serta 15,1 persen tidak diblokir sebab merupakan aktifitas dan mesti dibayarkan juga dimiliki awal tahun yaitu pembayaran gaji dan operasional perkantoran.

dari anggaran yang terblokir tersebut, sebanyak rp543,44 miliar merupakan dana untuk model ujian nasional dengan target peserta 14.080.619 siswa juga unit cost sebesar rp39.000 per siswa.

setelah dilakukan pembahasan antara kementerian studi dan kebudayaan dengan komisi x dpr ri, terdapat perbedaan alokasi anggaran dan disetujui dpr ri dengan pagu anggaran per program dan ditentukan keppres no 37 tahun lalu.

dalam rincian anggaran yang disetujui komisi x dpr ri, dana agar aktifitas ujian nasional ditetapkan sebesar rp644,27 miliar melalui target audien 12.223.453 siswa juga unit cost sebesar rp53.000 per siswa.

kemudian, di rapat koordinasi tingkat menteri, disimpulkan kiranya penyelesaian masalah blokir ini harus tetap memelihara tata kelola (governance) juga kelengkapan dokumen sesuai ketentuan perundangan berlaku dalam proses penganggaran.

menteri studi dan kebudayaan lalu menyatakan nota dinas kepada menteri keuangan untuk mengusulkan kunjungi blokir rp543,44 miliar dapat dipertimbangkan agar ditetapkan melalui mengacu sasaran dan unit cost keppres no 37 tahun kemarin.

dirjen anggaran kemudian mengesahkan revisi anggaran, tergolong pembukaan blokir agar aktifitas ujian nasional sebesar rp543,44 miliar, karena kontrak percetakan soal ujian paling lambat ditandatangani 11 maret 2013.

saat ini, baru banyak anggaran un tersisa rp100,828 miliar dan merupakan selisih dari pagu anggaran yang disetujui komisi x dpr ri melalui keppres no 37 tahun lalu dan tengah selama proses pencairan pas prosedur.