Ujian Nasional SMA/SMK di Bali diundur

pelaksanaan ujian nasional jenjang studi sma/ma, smk, dan studi kesetaraan paket c selama provinsi bali dipastikan diundur sebab mengalami kendala teknis selama percetakan dan menangani penggandaan naskah soal.

kepala dinas pendidikan, pemuda serta olahraga (disdikpora) provinsi bali putri agung ngurah gede sujaya, pada denpasar, sabtu malam menungkapkan un dan seharusnya dimulai senin (15/4) terpaksa diundur, direncanakan merupakan rabu (17/4).

dengan pengunduran ini, maka mata pelajaran un sma/ma, smk juga pendidikan kesetaraan paket c yang seharusnya diujikan di hari pertama atau senin (15/4) diundur merupakan jumat (19/4). mata pelajaran yang seharusnya diujikan di hari kedua atau selasa (16/4) digeser menjadi senin (22/4), ujarnya.

sedangkan mata pelajaran un dan diujikan dalam hari ketiga ataupun rabu (17/4) hendak tetap diselenggarakan sesuai agenda yaitu selama hari serta jam dan sama. keuntungan serupa dan berlaku pada mata pelajaran un dan dijadwalkan diselenggarakan selama hari keempat atau kamis (18/4) ingin tetap diselenggarakan dalam hari yang sama.

Informasi Lainnya:

menurut dia, naskah soal un sma/ma, smk dan pendidikan kesetaraan paket c seharusnya sudah tiba di bali, jumat (12/4). tapi sampai sabtu malam, baru ada soal un smk yang sampai selama pulau dewata. sementara soal un sma/smk juga studi kesetaraan paket c sama pilihan belum didistribusikan dengan bagian percetakan.

terjadi keterlambatan sebab ghalia indonesia printing, bogor, jawa barat, selaku rekanan yang mengatasi tender pencetakan soal un sma/ma, smk serta paket c untuk provinsi bali tak bisa menyelesaikan pencetakan soal tidak salah masa. otomatis pendistribusian naskah soal un juga terlambat.

terkait keterlambatan pendistribusian soal un itu, sujaya mengaku telah menghubungi kepala badan penelitian juga pengembangan (balitbang) kementerian studi juga kebudayaan (kemendikbud) khairil anwar notodiputro lewat telepon seluler.

dari hasil koordinasi antara balitbang kemendikbud melalui bsnp itu, diputuskan supaya pemundurkan pelaksanaan un. pihak kemendikbud juga akan mengirimkan surat edaran terpercaya dengan faksimile, katanya.

sujaya mengaku tidak mengetahui tentu permasalahan bagaimana yang dihadapi bagian percetakan oleh karenanya tidak bisa menyelesaikan soal un tersebut tidak salah masa.