FSGI usulkan Kurikulum 2013 ditunda

federasi serikat guru indonesia memberi usul launching kurikulum 2013 supaya ditunda karena dinilai belum banyak kesesuaian serta kesiapan pengajar.

sebaiknya kurikulum 2013 tersebut ditunda dulu, benahi saja lagi guru-gurunya, beri mereka pelatihan, kata sekretaris jenderal fsgi retno listyarti di seminar penguatan empat pilar kebangsaan dalam dunia studi dan bertajuk mengukuhkan studi kewargaan terhadap kokohnya nilai-nilai kebangsaan di jakarta, selasa.

retno menilai guru adalah kunci keberhasilan sebuah penerapan kurikulum.

guru sudah mesti dibangun karena bagaimanapun dia adalah kucinya yang mengatur alur kemana siswa ini mau dibawa, ujarnya.

karena tersebut, dia juga memberi usul diadakannya latihan supaya guru-guru agar memahami benar kurikulum manakala hendak diterapkan.

dia dan menolak implementasi kurikulum 2013 karena ada pilihan kompetensi dasar juga kompetensi inti dan tak dipaparkan dengan detail.

Lainnya: Jam Tangan Murah - Jual Jam Tangan - Jual Jam Tangan - Jual Jam Tangan Online

saya menolak kurikulum ini sebab isinya tak menggambarkan niat untuk membangun pendidikan kita, katanya

guru pendidikan pancasila juga kewarganegaraan (ppkn) sma 13 tersebut menilai sederat kompetensi dasar dalam kurikulum 2013 tidak terintegrasi, oleh karenanya lokasi pembelajaran besar agar dicapai.

dalam kompetensi tersebut dikenalkan siswa mesti mengetahui pasal-pasal, akan tetapi tidak dikenalkan pasal berapa. harus berapa ada pasal yang mesti dikuasai mereka, katanya.

bahkan, retno memberi usul untuk diselenggarakan uji silahkan kurikulum 2013 itu.

di beberapa negara dan diadakan uji silahkan, semisal singapura dan inggris untuk mengetahui kekurangannya dan jangan terlalu terburu-buru diterapkan, ujarnya.

dia memberi usul uji silahkan tersebut kira-kira di dua tahun sebelum kurikulum tersebut diimplementasikan.

sementara itu, direktur pembinaan sma direktorat jenderal studi menengah kementerian studi serta kebudayaan (kemendikbud) harris iskandar mengatakan kurikulum 2013 itu baru selama jenis dokumen rancangan (draft), makanya baru mampu dikaji ulang.

kalau banyak kritik, silakan ke badan penelitian juga pengembangan (balitbang) kemendikbud maka dapat dikaji, dikurang serta ditambah, ujarnya.

dia memaparkan pihaknya juga sedang memasukkan pendidikan karakter dan budi pekerti luhur pada kurikulum itu.

jadi, kurikulum 2013 ini tujuannya merupakan takwa. karena tersebut, kita percepat prinsipnya agar memberikan porsi lebih ada kepada mata pelajaran ppkn agar sd, smp dan sma, ujarnya.

harris menjelaskan kurikulum 2013 itu menekankan aspek olah pikir (kognitif), olah hati yang membentuk pribadi jujur, olah rasa menanamkan kepedulian dan olahraga membentuk fisik yang tangguh.

dalam kurikulum 2013, beberapa mata pelajaran akan disederhanakan, misalnya hanya hendak banyak enam daripada 12 mata pelajaran yang mau diajarkan, semisal pendidikan ajaran, (ppkn), matematika, bahasa indonesia, seni budaya juga penjaskes, tetapi ipa serta ips ingin dihapus.

kurikulum yang melewatkan anggaran sampai rp2,94 triliun itu bertujuan agar mengantisipasi ketinggalan, mempercepat ketinggalan pelajaran juga menunjang studi nasional ke arah yang lebih menarik yang juga merupakan lokasi nasional.